Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 macam makanan yang mengandung vitamin K yang bagus untuk tubuh kita

Sebenarnya ada banyak cara untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin K dalam tubuh kita. Jadi kita harus benar-benar pintar memilih makanan yang mengandung vitamin K yang baik untuk tubuh kita, ada banyak menu yang bisa kita konsumsi sebagai sumber vitamin K. Ini beberapa sumber makanan yang mengadung vitamin K.


Rempah-rempah


Rempah-rempah selain mengandung vitamin C dan E, sebenarnya rempah-rempah juga mengandung vitamin K yang tinggi. Misalnya saja paprika, bubuk kari dan cabai rawit.


Mentimun


Mentimun sebenarnya memiliki banyak manfaat, termasuk dalam hal memenuhi kebutuhan vitamin K. Dalam dunia kecantikan, mentimun ini dimanfaatkan sebagai toner dan sebagai penyegar dengan cara membuatnya menjadi sebagai masker wajah yang alami.


Kubis


Kubis juga tergolong dalam jenis sayuran yang rendah kalori. Namun asalkan anda tahu saja ternyata didalam kubis sudah terkandung vitamin k sebanyak 30 mg perporsinya.


Daun bawang


Ternyata dalam setiap 100 lembar daun bawang saja sudah mengandung 207 mg vitamin K. Sebenarnya sayuran ini sering kita jumpai di sup-sup agar aromanya semakin harum dan mengugah selera. Daun bawang juga sering terdapat di martabak-martabak telor.


Asparagus


Asparagus ternyata juga memiliki manfaat seperti sumber vitamin K. Karna didalam 100 gram daun asparagus sudah terkandung 144 mg vitamin K. Asparagus juga tergolong dalam jenis sayuran yang harga jualnya cukup mahal, oleh karena itu jarang kita temukan di kawasan Indonesia.


Minyak ikan


Minyak ikan selain mengandung omega 3, minyak ikan ternyata juga mengandung vitamin K yang tinggi loh. Tapi tidak banyak yang menyukai miyak ikan dikarnakan baunya yang amis dan rasanya yang aneh. Namun minyak ikan juga mengandung vitamin D jadi sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.


Selada


Tahukah anda bila di dalam 100 gram selada saja sudah mengandung 128 mg vitamin K. Seperti halnya brokoli dan kubis, daun selada juga sangat akrab dengan berbagai masakan indonesia, yang salah satunya adalah masakan sunda yang cukup banyak menghidangkan lalapan mentah.


Bunga kol


Kandungan vitamin K yang terdapat di setiap 100 gram bunga kol adalah mencapai 125 mg. Sebenarnya sayuran ini hampir mirip dengan brokoli, tetapi warnanya lebih putih.


Brokoli


Di brokoli kandungan vitamin K nya cukup banyak pada setiap 100 gram brokoli saja sudah terdapat 200 mg vitamin K. Jadi tidak salah Sali kalau brokoli dikenal dengan julukan super food, yang artinya makanan yang mengandung cukup banyak nutrisi dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia.


Kacang polong


Pada setiap 100 gram kacang polong sudah mengandung 5 mg vitamin K. Memang tidak cukup banyak sih, namun kacang polong bisa digunakan sebagai menu variasi untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin K pada tubuh kita.


Tomat


Tomat adalah sayuran yang dapat di sebut juga buah-buahan. Sayuran ini menyumbangkan 23 mg vitamin K di setiap satu cangkir jus tomat.


Seledri


Di balik satu tangkai daun seledri mengandung 11 mg vitamin K. Seledri biasanya di gunakan sebagai taburan dalam masakan berkuah seperti sup dan soto. untuk menambah aroma yang mengunggah selera. tapi jangan pernah sesekali memasukkan seledri kedalam masakan yang sedang panas atau sedang di masak.


Blueberry


Blueberry memang cukup sulit didapatkan di Indonesia. Tapi tetap perlu juga untuk kita ketahui bahwa dalam secangkir jus blueberry sudah mengandung 28.5 mg vitamin K.


Nah itulah beberapa daftar sumber vitamin K yang bisa kita dapatkan.

2 comments for "13 macam makanan yang mengandung vitamin K yang bagus untuk tubuh kita"