Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 bahaya jaringan Wi-Fi bagi kesehatan tubuh kita

Sebagian besar dari masyarakat Indonesia khususnya perkotaan, hidup dalam lingkungan jaringan wifi. Namun tahukah anda tarnyata wifi itu tidak baik bagi kesehatan kita. Kita di ibaratkan hidup di dalam kekuatan yang tidak kita sadari sedikit demi sedikit mengikis keshatan tubuh kita. Sebenarnya penyebab utama dari bahaya jaringan wifi ini adalah karna radiasi elektromagnetik yang di timbulkannya.
menurut penelitian para ahli ternyata tidak hanya wifi saja yang menjadi musuh bagi kesehatan kita, namun termasuk juga teknologi nirkabel (wireless) lainnya. Coba anda bayangkan saja berapa banyak produk teknologi nirkabel yang sering kita jumpai di sekeliling kita. Saya contohkan saja seperti modem, router, handphone dan beberapa produk teknologi lainnya. Terus apa saja masalah bahaya jaringan Wi-Fi yang ditimbulkan?


Wanita Hamil

wanita hamil

Penelitian membuktikan bahwa paparan sinyal radiasi juga dapat mempengaruhi perkembangan mental si bayi. Jadi, jika anda memiliki bayi anak dirumah, cobalah untuk tidak menggunakan jaringan wifi sementara waktu.


Insomnia

insomnia

Apa bila anda terkena paparan radiasi wifi dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini ternyata dapat membuat anda susah terlelap pada saat tidur. Para pakar kesehatan merekomendasikan untuk mematikan modem atau ruoter wifi anda selama jam tidur untuk meminimalisirnya.


Efek lemes

efek lemes

Pada salah satu penelitian yang melibatkan 30 wanita untuk membuktikan bahwa wanita yang terkena radiasi lebih dari 1 jam, mereka akan merasa lemas dan lesu. Hal tersebut juga dapat berdampak pada aktifitas otak.


Fungsi otak

fungsi otak

Radiasi juga dapat berdampak buruk pada fungsi otak anak sekolah. Tapi buat orang dewasa, efek yang dapat ditimbulkan adalah kesulitan konsentrasi setelah anda terkena radiasi pada jangka waktu yang cukup lama.


Impoten

impoten

Ternyata pada pria dewasa, paparan sinyal radiasi ini juga dapat mempengaruhi sperma dan juga DNA manusia. Adapun efek negatif ini merupakan salah satu efek jangka panjang dan tidak akan muncul seketika. Dan masalah kesuburan pada pria ini akan muncul suatu saat jika anda terlalu sering terkena paparan sinyal radiasi wifi yang secara berlebihan.


Pertumbuhan dan penyembuhan

pertumbuhan dan penyembuhan

Pada setiap pertumbuhan sel dan penyembuhan atau kata lain recovery dalam tubuh anda juga akan terganggu oleh wifi. Ingat seperti yang sudah di jelaskan diatas, pada saat penggunaan ponsel dengan cara berlebihan juga akan dapat menimbulkan efek yang sama pula. Jadi, apa salahnya apa bila kita mengurangi ketergantungan kita pada teknologi tersebut?


Kanker

kanker

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan, namun pada beberapa penenliti berspekulasi bahwa wifi berpotensi dapat menimbulkan beberapa jenis kanker. Meskipun belum teruji secara pasti, namun menggunakan teknologi dengan cara berlebih-lebihan juga akan berdampak buruk bagi kesehatan.


Jantung berdebar

jantung berdebar

Adapun beberapa orang yang langsung merasakan jantungnya berdebar setelah mendapat paparan sinyal radiasi dengan frekuensi yang sering/kuat. Walaupun tidak banyak orang yang merasakannya, namun ada baiknya apabila kita tetap berhati-hati.


Sakit kepala

sakit kepala

Gejala sakit kepala atau pusing merupakan efek yang sangat jelas kita rasakan setelah terkena paparan sinyal radiasi. Meskipun bukan masalah yang besar, namun apabila anda sering terkena sinyal radiasi, suatu saat hal ini akan menjadi suatu masalah yang besar.


Itulah beberapa bahaya teknologi wireless bagi kesehatan kita, namun saat ini wifi sangatlah berguna bagi kehidupan banyak orang. Seperti salah satu contohnya di gunakan dalam perkerjaan bisnis online, berbelanja online, belajar dan banyak aspek lain yang sangat terbantu karena hadirnya sistem ini. Wifi pun kini hadir di berbagai tempat, mulai dari sekolah, kantor, kampus, dan tempat-tempat umum seperti kafe dan taman, dan tidak jarang pula yang memasang dirumah. Otomatis hal ini pun tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern saat ini. Dan jangan lupa bahwa segala sesuatu yang berlebihan akan berakibat negatif. Jadi menggunakan boleh, asal menggunakan dengan bijak dan tahu akan batasan. Oke?
Jangan lupa like, koment dan share.

4 comments for "9 bahaya jaringan Wi-Fi bagi kesehatan tubuh kita"

  1. oke, makasih mas atas infonya cukup bermanfaat, skarang saya jadi tau apa2 aja bahaya wifi

    ReplyDelete
  2. iya sama2, jangan lupa juga baca artikel saya yang lainnya juga ya.

    ReplyDelete
  3. Jadi gak brani lagi lama2 di wifi

    ReplyDelete
  4. duduk boleh, cuman jangan lama2 gan, nanti efeknya kerasa

    ReplyDelete